8 Peralatan yang digunakan untuk Instalasi CCTV

Peralatan CCTV, Instalasi CCTV, CCTV
Peralatan Instalasi CCTV

Bingung? Apa saja sih, peralatan yang digunakan untuk Instalasi CCTV guna membantu memonitoring kegiatan yang terjadi dilokasi terpasang CCTV?

Sahabat tidak usah bingung, kali ini Blog Atulis melalui tulisannya akan berbagi informasi mengenai peralatan apa saja yang digunakan untuk Instalasi CCTV.

Oke, langsung saja.

Apa saja sih peralatannya?

8 Peralatan yang digunakan untuk Instalasi CCTV

1. Peralatan Instalasi CCTV untuk menyimpan hasil rekaman gambar video dari Kamera CCTV

Biasanya peralatan yang satu ini dikenal dengan nama DVR.

Apa itu DVR?

Digital Video Recorder (DVR) merupakan salah satu peralatan Sistem Instalasi CCTV untuk mengontrol/menyimpan hasil rekaman sinyal gambar video yang dihasilkan dari Kamera CCTV jenis Analog menjadi format digital yang dapat disimpan kedalam media harddisk, CD/DVD, Flash Drive USB, SD Card serta penyimpanan lokal atau jaringan lainnya.

DVR CCTV ini banyak sekali jenisnya dengan fitur dan jumlah saluran (channel) yang bervariasi disetiap produknya. Jumlah saluran (channel) DVR biasanya 4 channel, 8 channel dan 16 channel. Memilih DVR CCTV yang akan digunakan untuk Instalasi CCTV sebaiknya disesuaikan dengan budget dan kebutuhannya.

Berikut dibawah ini sedikit informasi mengenai jenis-jenis DVR.

Standalone Digital Video Recorder (SDVR)

Jenis DVR yang satu ini dapat bekerja tanpa bantuan dari perangkat Komputer/PC, untuk jumlah saluran (channel) Analog Kamera CCTV yang digunakan bervariasi, bisa 4 Channel, 8 Channel atau 16 Channel. SDVR biasanya sudah dilengkapi dengan harddisk sebagai media penyimpanan hasil rekaman dari Analog Kamera CCTV. Setiap produk SDVR akan memiliki fitur yang bervariasi.

Dengan dukungan slot yang terdapat pada SDVR untuk sambungan hub/switch/router, akan memudahkan pengguna untuk memonitoring kegiatan yang terjadi dilokasi terpasang CCTV melalui jaringan Internet. Bukan hanya itu saja, biasanya SDVR ini sudah dilengkapi remote control guna memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya.

DVR Card

Jenis DVR Card CCTV ini merupakan kebalikan dari jenis SDVR. Pemasangan DVR Card CCTV ke Komputer/PC tidaklah sulit, tidak jauh berbeda seperti halnya memasang slot VGA Card disertai Driver untuk Instalasi pada sistem operasi yang digunakan agar dapat bekerja dengan baik.

USB DVR

Jenis USB DVR CCTV digunakan pada Komputer/PC dan Laptop. Perangkat jenis ini berupa USB Eksternal serta mudah untuk dipindah-pindahkan.

Hybrid DVR

Jenis HDVR CCTV dapat menyimpan hasil rekaman gambar video yang dihasilkan dari IP Kamera CCTV atau Analog Kamera CCTV.

Tribrid DVR

Jenis Tribrid DVR dapat menyimpan hasil rekaman gambar video yang dihasilkan dari IP Kamera CCTV, Analog Kamera CCTV dan Kamera CCTV berteknologi AHD, HD-TVI.

Network Video Recorder (NVR)

Jenis Network Video Recorder (NVR) dapat menyimpan hasil rekaman gambar video yang dihasilkan dari IP Kamera CCTV.

Karena banyaknya Jenis produk DVR dengan fitur yang bervariasi, sangat disarankan pada saat membeli DVR, sebaiknya disesuaikan dengan jenis tipe Kamera CCTV.

Mengenal beberapa fitur produk DVR

Anda mungkin akan menjumpai tulisan HD Input/HD Camera/HD DVR pada produk DVR, ini berarti DVR tersebut mampu merekam gambar video dengan kualitas gambar video High Definition (HD) dengan resolusi 1280 x 720 pixel dari Kamera CCTV yang menggunakan teknologi AHD, HD-TVI, HD-CVI, atau ada juga Full HD dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, D1 (704 x 480), CIF (352 x 240), QCIF (176 x 120).

Fitur H.264/H.264+/MPEG-4 yang berarti gambar video dengan kualitas tinggi namun memiliki ukuran file yang kecil.

Fitur VMS/CMS pada produk DVR yang berarti DVR tersebut telah dilengkapi aplikasi VMS/CMS yang dapat di install dari berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, Android, Mac dan Browser.

2. Monitor,

Monitor merupakan salah satu bagian peralatan dari Sistem CCTV untuk menampilkan gambar yang ditangkap dari kamera CCTV. Ada beberapa jenis monitor yang digunakan untuk Instalasi CCTV, biasanya berupa monitor LCD, LED, Plasma TV, CRT. Hal ini dapat disesuaikan dengan Kabel Output dari DVR CCTV yang digunakan, karena tidak setiap jenis DVR CCTV dilengkapi dengan segala jenis Kabel Output.

3. Kamera CCTV, 

Peralatan yang satu ini sangatlah penting dan perlu dipersiapkan di awal sebelum Instalasi CCTV dilakukan guna menyesuaikan kebutuhan, apakah Kamera CCTV itu akan dipasang diluar ruangan atau didalam ruangan.

Memilih Kamera CCTV yang akan digunakan baik itu diluar/didalam (outdoor/indoor) ruangan untuk Instalasi CCTV, hal ini tentu saja akan mempengaruhi peralatan jenis DVR yang digunakannya.

4. Power Supply/Adaptor, 

Peralatan yang satu ini berfungsi untuk memberikan catu daya agar Kamera CCTV dapat bekerja dengan baik. Memilih Power Supply/Adaptor Kamera CCTV sebaiknya disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan oleh Kamera CCTV yang akan digunakan. Pada umumnya Power Supply/Adaptor untuk Instalasi CCTV memiliki 2 (dua) jenis, yakni : Adaptor yang menggunakan Travo Linear dan Switching. Namun, fungsinya tetap sama yaitu untuk merubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).

5. Kabel Power, 

Peralatan yang satu ini diperlukan apabila kurang panjangnya Kabel Kamera CCTV untuk menjangkau sumber listrik.

6. Crimp Kabel, 

Alat yang satu ini juga sangat diperlukan untuk memotong kabel dan memasang konektor BNC dengan kabel Coaxial.

7. Kabel Coaxial, 

Kabel Coaxial sebagai media transmisi untuk mengirim sinyal gambar video Analog Kamera CCTV ke DVR atau Monitor. Jenis yang biasa digunakan untuk menghubungkan kamera dan DVR adalah :
RG-59 dengan jarak ± 750 Kaki,
RG-6 dengan jarak ± 1000 Kaki,
RG-11 dengan jarak diatas 1500 kaki.

8. Bayonet Neill Concelman (BNC).

Bayonet Neill Concelman merupakan konektor RF yang dipasang pada ujung Kabel Coaxial untuk menghubungkan Analog Kamera CCTV dengan DVR atau Monitor.

Itulah 8 Peralatan yang digunakan untuk membangun Sistem Instalasi CCTV. Semoga, melalui tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.

Comments